QS. AR-RA’D AYAT 11

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”

Madiun – Di era yang berkembang pesat seperti saat ini persaingan antara pasar modern dan pasar tradisional tidak bisa dihindarkan. Dinas Perdagangan selalu membuat inovasi-inovasi agar pasar selalu ramai dan tidak kalah dengan pasar modern yang ada. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan kegiatan Gerakan Kembali ke Pasar. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan serta menumbuhkan rasa cinta anak-anak sebagai generasi penerus bangsa pada pasar tradisional.

Pembekalan peserta sebelum diberangkatkan ke Pasar Besar oleh petugas dari Dinas Perdagangan

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1-13 April 2019 dengan mengikutsertakan murid-murid atau siswa dari beberapa SD yang ada di Kota Madiun sebagai peserta. Diantaranya SDN Nambangan Kidul 01, SDK Santa Maria, SDN Kuncen, SDN 03 Josenan dll. Siswa SD ini diperkenalkan dan diajak ke Pasar Besar supaya bisa melihat langsung bahwa pasar tradisional bukanlah tempat yang becek, bau dan kotor. Pasar Besar sebagai pasar tradisional telah menjelma menjadi pasar yang bersih dan nyaman digunakan sebagai tempat jual beli. Para peserta kegiatan ini juga diajari bagaimana berbelanja di pasar, melakukan proses jual beli dan tawar menawar. Selain sebagai tempat jual beli, Pasar Besar Kota Madiun juga merupakan pasar yang memiliki sarana olahraga berupa kolam renang.

Peserta Gerakan Kembali ke Pasar melaksanakan proses jual beli dan tawar menawar

Kolam renang merupakan salah satu sarana olah raga yang ada di Pasar Besar Kota Madiun

Setelah kegiatan ini dilaksanakan diharapkan para peserta mempunyai pengetahuan akan pasar tradisional dan dilain waktu akan kembali ke pasar untuk berbelanja beserta keluarganya.  Sehingga menumbuhkan kecintaan berbelanja di pasar tradisional dan menjadikan pasar tradisional selalu ramai oleh pengunjung. ( PPID/ Disperdag )

QS:AL-BAQARAH AYAT 254

“Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa’at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.”

Survey Kepuasan Masyarakat