QS. AR-RA’D AYAT 11

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”

Dinas Perdagangan bekerja sama dengan Tim Satgas Pangan , Dinas Pertanian, Sat Reskim Polres  dan Sat Intel Polres Kota Madiun melakukan tindak lanjut dari monitoring kegitan menjelang Ramadhan untuk memantau  terkait Stock dan Harga Kebutuhan Pokok Menjelang Idul Fitri  1441 H di Gudang dan Toko Modern.Kegiatan ini bertujuan untuk melihat  seberapa jauh persiapan Ketersediaan Stock yanga ada untuk pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat Kota Madiun.Kegiatan  ini di laksanakan selama 2 hari terhitung mulai tanggal 18 sd 19 Mei  2020.

Monitoring Stok dan Harga Kebutuhan Pokok Ini sasaran utamanya di Gudang dan Pasar Tradisional yang  meliputi :

Gudang  Gula/ Sembako Jl. Niti Negoro,Gudang Sembako Bulog, Jl. Truno Joyo, Gudang UD “ Makmur “ Jl. Puspo Warno dan Pasar Modern diantaranya, Gudang Indomart, Jl. Imam Bonjol, Food Mart ( Sun City ), Jl. S. Parman dan Grosir Carefour , Jl. S. Parman.

Dari hasil pemantauan bahwa stok kebuhan pokok di pasar tradisional yang utamanya beras, minyak goreng, tepung, gula pasir jumlah stock ketersediaan selama menjelang Hari Raya Idul Fitri dengan harga relativ stabil,bahkan  ada penurunan harga pada komoditas gula pasir.Untuk gula pasir walaupun harganya diatas HET yang ditetapkan  pemerintah sebesar 12.500,- kg dan dipasaran masih didapati harga eceran antara Rp. 14.500 sd 15.000 per kg.mengalami penuruna  harga dibandingkan pada saat jelang Ramadhan  dengan kisaran harga sekitar 17.000 sd 18.000 per kg. Khusus toko modern untuk pembelian gula dibatasi maksimal 2 kg setiap pembelian dengan cara klik indomart

Berikut rincian stok di masing – masing gudang pada saat monitoring antara lain:

  1. Stok Gula di Indomaret jl. Imam Bonjol 151 kg
  2. Stok gula di FoodMart Sun City Jl. S.Parman 2.774 kg
  3. Stok gula di Carefoor  Jl. S.Parman 1.462 kg
  4. Stok gula di Gudang Bulog  Jl. Trunojoyo 65.000 kg,Beras Premium 1.436.870 kg,Beras Medium 987.000 kg
  5. Stok gula di Gudang  UD. Mandiri Jl. Niti Negoro 40.000 kg / hari
  6. Stok gula di Gudang  UD. Rukun Mulya Jl. Puspo Warno 15.000 kg / hari dan jumlah stok gabah 700 kg

Monitoring Stock dan Harga kebutuhan pokok jelang Idul Fitri  ini bertujuan untuk melihat seberapa ketersediaan stock yang ada, dengan jumlah keperluan  kebutuhan masyarakat.Dari hasil pengamatan dan interview dengan pedagang pasar serta pengelola Minimarket, Supermarket,bahwa kondisi saat ini dengan adanya wabah covid 19 omset penjualan mereka rata – rata 50 sd 60 persen,Sementara persediaan barang mereka relaif ada penambahan  untuk persipan Hari Raya Idul Fitri.

QS:AL-BAQARAH AYAT 254

“Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa’at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.”

Survey Kepuasan Masyarakat