Stabilisasi stok dan harga bahan Kebutuhan pokok perlu dijaga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Khususnya, menjelang perayaan hari besar keagamaan.

Hal itulah yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan Kota Madiun di sejumlah pasar pada Rabu (13/12). Tim berkeliling di Pasar Besar Madiun, Sleko, dan Srijaya untuk memastikan stok dan harga sembako stabil.

“Kegiatan ini rutin kami selenggarakan khususnya jelang Nataru,” ujar Analis Perdagangan Ahli Muda Dinas Perdagangan Kota Madiun, Tri Prasetyaningrum.

Sejak 2019, menurut Tri, terjadi tren kenaikan harga cabai rawit hingga daging ayam ras selama menjelang Nataru. Juga, harga telur ayam ras yang berpotensi mengalami kenaikan.

Meski begitu, hingga hari ini harga sejumlah bahan kebutuhan pokok masih cukup stabil. Selain itu, stoknya di pasaran juga aman. Karenanya, Tri mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir. Apalagi, sampai melakukan penimbunan sembako.

“Sampai minggu kedua Desember ini masih aman. Harapannya, kondisi tetap seperti ini hingga awal Januari 2024,” imbuhnya.

Sementara itu, Suyatmun, salah seorang pedagang di PBM mengatakan bahwa kondisi harga sembako di pasaran cukup stabil. Kenaikan harga sempat terjadi dalam kurun beberapa bulan terakhir. Namun, tidak signifikan.

QS:AL-BAQARAH AYAT 254

“Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa’at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.”

Survey Kepuasan Masyarakat