MADIUN – Kamis (18/11) Dinas Perdagangan mengadakan pelatihan untuk petugas Pengamanan dan Ketertiban Pasar Rakyat. Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 petugas keamanan di Stadion Wilis.  Pelatihan dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Polsek Kartoharjo. Peatihan dilaksanakan selama dua hari.

 “Apa yang menjadi kendala dan permasalahan di lapangan bisa disampaikan, karena di setiap lokasi berbeda permasalahannya dengan begitu kita dapat memberikan solusi”, tutur Ibu Lilik S selaku Kapolsek Kartoharjo. Dimana Petugas keamanan yang harus mengamankan 17 Pasar  di Kota Madiun sesuai wilayah penugasannya masing – masing.

Acara dibuka oleh Bapak Budi Wibowo selaku Sekretaris Dinas Perdagangan. Beliau menuturkan Petugas Keamana pasar memang harus memiliki kemampuan dalam hal pengamanan dan perlu diasah. Dalam pelatihan ini petugas diharapkan dapat dibekali dengan kemampuan  teknis selama menjalankan tugas pokok dan fungsi pengamanan pasar.Kegiatan diisi dengan materi mulai dari latihan fisik, materi dasar PBB, pengetahuan tentang patroli dan TPTKP dan Bela diri dasar militer.

Acara ditutup oleh Bapak Ansar Rasidi selaku Kepala Dinas Perdagangan. “Sudah seharusnya para petugas keamanan harus mendapatkan bekal keahlian dan pengetahuan dari yang berwenang terhadap pengamanan. Dalam melaksankan tugas mengamankan Pasar minimal ada 3 sikap yang harus diperhatikan yaitu sikap disiplin, sigap, dan tanggap. Ketiga sikap ini harus diamalkan dan dikembangkan”. Acara berlangsung lancar. (ratna/admin/ppidpembantu)

Pelatihan Petugas Pengamanan dan Ketertiban Pasar Rakyat Kota Madiun